Pendaftaran CPNS 2018, Hari Ini Sudah Dibuka

INFODESA177 Dilihat

JAKARTA, INFODESANEWS – Setelah menunggu sekian lama akhirnya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka (19/09) tepat pukul 13.00 WIB. Artinya masyarakat umum sudah bisa membuka website atau portal SSCN yang merupakan portal resmi dari pendaftaran CPNS 2018.

Adapun total formasi yang akan dibuka adalah sekitar 238.015 formasi pada seleksi CPNS 2018. Dari total jumlah tersebut 51.271 formasi diperuntukan untuk instansi pusat, sementara instansi daerah akan mendapatkan 186.744 formasi.

Selain formasi umum, Pemerintah juga menyiapkan formasi khusus pada pendaftaran CPNS 2018. Ada sekitar enam formasi khusus yang disiapkan oleh pemerintah pada CPNS 2018 ini.

Dikutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, keenam jalur tersebut yakni, putra/putri lulusan terbaik berpredikat dengan pujian alias cumlaude. Selain itu ada juga formasi khusus untuk penyandang disabilitas.

Kemudian ada juga formasi khusus untuk Diaspora. Dan juga ada formasi khusus putra-putri Papua dan Papua Barat.

Kemudian ada juga formasi yang ditunggu-tunggu yakni untuk para atlet yang berprestasi di kancah Internasional. Dan yang terakhir adalah formasi khusus untuk tenaga pendidik dan kesehatan dari eks tenaga honorer Kategori-II.

Adapun mekanisme pendaftarannya adalah sebelum memulai pendaftaran, para calon pelamar bisa melihat persyaratannya di masing-masing website Kementerian Lembaga yang bersangkutan.

Sebagai contohnya adalah jika kalian berminat mendaftar di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), maka sebelum mendaftar calon pelamar bisa melihatnya di website dari Kementerian tersebut.

Setelah itu, calon pelamar dipersilahkan untuk melengkapi terlebih dahulu berkas-berkas yang menjadi persyaratan. Jika sudah lengkap, maka calon peserta dipersilahkan untuk mendaftarkan lewat website sscn.bkn.go.id.

Jika sudah melakukan pendaftaran secara benar maka kalian akan mendapatkan nomor peserta dari panitia. Akan tetapi jika tak kunjung mendapatkan nomor peserta maka ada satu berkas atau persyaratan yang belum terlengkapi.(spy*)

Berita Terkait

Baca Juga