Pentingnya Tahapan Penyususnan RPJM Desa

INFODESA229 Dilihat

SEMARANG, INFODESANEWS – Pentingnya Tahapan Penyususnan Rpjmdes terungkap dalam Bintek Perencanaan Pembangunan Desa dalam upaya peningkatan kegiatan peningkatan kapasitas aparatur desa tahun 2019 yang dilaksanakan di Bandungan, Rabu – Jumat, 20 – 23/11/2019  yang terdiri dari Kades, Bendahara Desa, Operator , BPD dan Kader Desa Se Kecamatan Japah,

Pada Kesempatan itu Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dwi Edy Setyawan mengungkapkan ke pada Infodesanews pentingnya aparatur pemerintahan desa mendapatkan bintek tata kelola dan Tahapan Penyususnan Rpjmdes .

“ Diharapkan penyegaran ini dapat membuat pembangunan desa berjalan dengan baik dan menghasilkan pembangunan desa secara terencana, terkoordinasi, berbatas waktu, dan sesuai dengan kondisi khas masyarakat dan wilayah desa yang bersangkutan,” ungkapnya.

Dwi Edy Setyawan lebih lanjut menjelaskan selain pelaksanaan pembangunan desa melibatkan peran aktif masyarakat, perangkat desa, lembaga-lembaga desa, lembaga di tingkat kecamatan dan kabupaten , dan lain-lain. Dokumen RPJM Desa menjadi penting sebagai alat bantu dalam memantau dan mengevaluasi pelaksanaan pembangunan desa, agar arahnya tidak melenceng dari garis-garis kebijakan yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembangunan desa itu sendiri.

“ RPJMDes itu memuat visi misi kepala desa dan apa yang akan dikerjakannya selama memimpin desanya. Dalam RPJMDes terdapat arah kebijakan pembangunan desa, rencana kegiatan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan apa saja kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bakal dilakukan pemerintah desa, “ ungkapnya lagi.

“ saya berharap Tahapan – tahapan Dalam RPJMdes itu harus di laksankan, adagar dapat di ketahui  arah kebijakan pembangunan desa dengan arah kebijakan pembangunan kabupaten dapat searah dan sejalan,” pungkasnya. ***Tim

Berita Terkait

Baca Juga