Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Kepolisian Dengan Mudah, Cepat Dan Ramah

INFODESA47 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Wakapolda Jateng Brigjend Pol Drs.Indrajit, S.H menyampaikan arahan di depan ratusan anggota Polres Blora, untuk Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik Kepolisian Dengan Mudah, Cepat Dan Ramah.

Arahan ini disampaikan dalam agenda Kunjungan Kerja Wakapolda Jateng di Polres Blora yang bertempat di Aula Aryaguna Mapolres Blora. Dalam kesempatan ini, Wakapolda Jateng didampingi Karo Sarpras, Dir Pram Obvit dan Kabid Keuangan Polda Jateng.

Hadir dalam arahan Wakapolda Kapolres Blora AKBP Saptono, Wakapolres Blora Kompol Indriyanto Dian Purnomo, Pejabat Utama Polres Blora, seluruh Kapolsek jajaran Polres Blora, Kasi, Staf, Kanit Reskrim/Intelkam, anggota Bhabinkamtibmas dan anggota Polres Blora.

Kapolres Blora dalam laporan kesatuannya kepada Waka Polda Jateng, memaparkan situasi terkini Ipoleksosbudkam (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya dan Keamananan) diwilayah hukum Polres Blora, jumlah personil, sarana dan prasarana, program inovasi unggulan seperti Safari Jumat, Polisi berbagi Berkah, Jagong Kamtibmas serta kegiatan Kapolres Bora lainnya.

Diantaranya, AKBP Saptono memaparkan kurangnya jumlah personel ideal terutama di wilayah Polsek, penyerapan anggaran di Polres Blora telah mencapai 89,40 persen sampai bulan November, perbandingan angka kriminalitas tahun 2017 di Blora mengalami penurunan dibanding tahun 2016, jumlah kasus laka lantas menurun ditahun 2017 sejumlah 27 % dari tahun 2016, jumlah tilang tahun 2017 naik 65 % dan teguran naik 52 % dibanding tahun 2016 dan penanganan kasusu narkoba di wilayah Kabupaten Blora.

Selanjutnya Kapolres Blora AKBP Saptono juga memaparkan program tali asih/bakti sosial yang dilaksanakan pada minggu I dan minggu III, Jagong Kamtibmas di Poskamling, Program Camot dari Satlantas. Program lainnya seperti inovasi kegiatan sunat masal, nikah massal di Desa Temurejo, pengobatan gratis, donor darah serta memaparkan salah seorang anggota Bhabinkamtibmas berbrestasi Aiptu Suyono yang membuat mesin produksi pakan ternak yang bisa dimanfaatkan warga secara gratis.

Merespon paparan Kapolres Blora, Wakapolda Jateng Brigjend Pol Indrajit mengapresiasi program inovasi Kapolres Blora yang dekat dengan masyarakat. Hal tersebut sebagai upaya Polri dalam memelihara situasi kamtibmas, menjalin hubungan silaturahmi dan menumbuhkan citra positif Polri dimata masyarakat.

Wakapolda menyampaikan sejumlah arahan diantaranya Polisi tidak boleh kalah dengan pelaku tindak kejahatan terutama pencurian kayu. Jika jumlah polisi yang menangani kasus tersebut dirasa kurang, dapat mengajukan bantuan kepada kesatuan tingkat atas.

Wakapolda juga menyampaikan Kapolres tidak boleh memotong gaji dan hak anggota walaupun niat dan tujuannya baik. Kapolres dan Wakapolres wajib melakukan pengawasan dan pengecekan di tempat pelayanan publik yang ada di wilayah Polres Blora sebagai evaluasi kinerja meningkatkan kuwalitas dan kuantitas pelayanan. Wakapolda Jateng menekankan, dalam melakukan tugas sebagai pelayan publik, para personil Kepolisian harus memperhatikan 3 S (senyum, sapa dan salam).

Hal itu bertujuan agar masyarakat merasa senang dan nyaman dengan pelayanan yang mudah, cepat dan ramah dari Kepolisian. Diharapkan untuk Kapolres, Wakapolres, dan seluruh perwira untuk sering mlakukan sidak, pengecekan dan pengawasan pelayanan publik yang ada diwilayahnya masing-masing.

“Tujuan dari pengawasan ini, dalam rangka menekan angka korupsi di tempat pelayanan publik dan sebagai implementas dari program launching WBK (Wilayah Bebas Korupsi) Polda Jateng.” Tegas Brigjen Pol Indrajit