TK Kartika V-11 Air Putih Serbu Islamic Center

INFODESANEWS.COM, SAMARINDA– Gemah takbir haji atau talbiyah bergemuruh di Mesjid terbebesar di Asia Islamic Center Samarinda Provinsi Kalimantan Timur pagi hari ini ribuan anak-anak usia empat sampai lima tahun, dengan lancar melafadzkannya.

“Labbaik Allahumma Labbaik, Labbaika laa syariika laka labbaik, Innal hamda wan-ni’mata laka walmulka laa syariika laka”. 

Acara tahunan yang selalu diselenggarakan di Masjid  Islamic Center ini, merupakan menjadi momen penting khususnya untuk menanamkan rukun Islam yang ke lima, yaitu menunaikan haji. Salah satunya Taman Kanak-Kanak (TK) Kartika V-11/Air Putih yang bernaung di bawah asuhan Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Cabang 5 Daerah Mulawarman mengikuti kegiatan Manasik Haji,  Rabu (7/8/2019).

Kepala Sekolah TK Kartika V-11 Air Putih, Siti Aminah menuturkan “Manasik haji kecil adalah wadah untuk membina anak-anak, sekaligus menanamkan pengertian rukun Islam. Pembelajaran prosesi ibadah haji di dalam rukun Islam akan memunculkan rasa cinta anak kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad,”.

Para jamaah haji cilik mengikuti setiap proses manasik haji dengan tertib. Pertama datang, siswa dan guru melakukan registrasi terlebih dahulu dan mendapatkan kartu identitas.

Kemudian mereka berkumpul di padang Arafah sambil terus membaca talbiyah. Prosesi berikutnya anak-anak mendengarkan khutbah, wukuf, dan sholat sunnab 2 rokaat.

Panitia lalu memanggil secara bergilir sesuai kloter, perjalanan berlanjut ke Mina dan mengambil batu yang kali ini diganti dengan jagung sebanyak tiga butir. Mereka berbaris dan berjalan kembali, lalu bergenti sesaat melempar jumrh di tiga kali, yaitu melempar jumrah Ula, Wusqo, dan Aqobah sambil membaca ‘Bismillahi Allahu Akbar’.

Usai melempar jumrah anak-anak kemudian berjalam menuju masjidil Haram, sambil membaca doa masuk masjid. “Usai di masjidil haram berikutnya tawaf, lalu sholat di makam Ibrahim, berikutnya sya’i dari bukit Shafa ke Marwah dan minum air zam-zam”. tutupnya.

Penulis Moerdi

Berita Terkait

Baca Juga