Agus Sutanto Ajak Masyarakat Jaga NKRI Dengan Pemahaman Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

INFODESA321 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Secara serentak 50 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Selatan, melakukan sosialisasi dan pembinaan Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

Sosialisasi Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) lebih ke pengenalan tentang berbangsa dan bernegara yang berlandaskan Pancasila.

“Wawasan Kebangsaan Adalah Cara Pandang Bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan Wilayah yang dilandasi Pancasila UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia”kata Wakil Ketua II DPRD Lampung Selatan Agus Sutanto saat menggelar Sosialisasi Pembinaan IPWK, di Desa Rawa Selapan Kecamatan Candipuro, Minggu (19/2/2023)

Menurut Agus, Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila yang merupakan penjelasan umum dalam ideologi.

“Ideologi yang bersumber pada nilai-nilai yang terkandung dalam lima pasal pancasila merupakan aturan mengenai moral, karenanya pelaksanaan harus berdasarkan pada keyakinan dan kesadaran penggunanya.

“Jika aturan pancasila sebagai ideologi negara dilanggar, maka hukuman berupa sanksi moral dan sanksi sosial harus bisa diterima.”ujar Legeslatif dari Fraksi Golkar itu.

Dijelaskan, Pancasila sebagai ideologi negara mengalami masa perkembangan, seperti halnya di masa orde lama, orde baru dan era reformasi.

“Berbagai pihak dan ahli sepakat jika ideologi adalah kumpulan gagasan yang disepakati bersama dan merupakan ciri khas bangsa indonesia. Bangsa indonesia bangga memiliki pancasila sebagai ideologi yang terkandung dalam kelima asas pancasila dijadikan sebagai patokan aturan oleh bangsa ini dalam berbuat di kehidupan masyarakat serta bernegara.”terang Agus.

Pentingnya pemahaman Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kita sosialisasikan. Bahkan, pemahaman Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan itu wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.

“Pemahaman ideologi Pancasila ini sangat penting untuk dikenalkan ke masyarakat agar di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, terlebih untuk para generasi muda, Untuk menghindari masuknya paham – paham radikal yang dianggap dapat melemahkan ideologi Pancasila.”tegas Agus di ujung pemaparannya. (Red)

Berita Terkait

Baca Juga