Akibat Sungai Tak Mampu Menahan Debit Air, Sejumlah Ruas Jalan Tambakromo Terendam Banjir

INFODESA181 Dilihat

PATI, INFODESANEWS – Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Tambakromo semalam membuat tanggul yang berada di Desa Tambakromo tidak mampu menahan debit air sehingga mengakibatkan beberapa ruas jalan dan rumah warga terendam air karena luapan air dari sungai. Senin (13/4/2020) malam.

Dian Khoirul Izwan, Warga Dukuh Ngerang Desa Tambakromo menyampaikan bahwa hujan yang mengguyur Desa Tambakromo hanya sebentar.

“Disini hanya hujan sebentar, tetapi wilayah selatan di daerah gunung kendeng hujan lebat sehingga kiriman air dari atas tidak mampu ditahan oleh sungai diwilayah desa tambakromo ini yang mengakibatkan beberapa wilayah kebanjiran,” Jelasnya kepada Infodesanews.com

Beberapa wilayah seperti Depan Pasar Tambakromo, Komplek Sekolah Miftahul Ulum, depan rumah DPRD Ir. Bambang semalam terendam banjir dengan kedalaman lebih kurang 50 cm sampai 80 cm. Banjir selama lebih kurang 1 jam ini membawa lumpur sehingga pagi ini warga pagi ini sudah mulai bersih-bersih akibat endapan lumpur.

“Baru kali ini setelah 5 Tahun yang lalu banjir besar terjadi diwilayah Desa Tambakromo, Beruntung banjir hanya sampai didepan rumah tidak masuk kedalam.” Tambah Muklasin, Warga Desa Tambakromo

Banjir diwilayah tambakromo ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat tambakromo terutama yang berada dekat dengan bantaran sungai.

“Hutan Gundul menjadi penyebab banjir, dikarenakan tidak ada pepohonan yang menyerap air hujan. Sehingga setiap hujan, air hujan langsung mengalir kedaratan rendah sehingga sungai-sungai yang mulai dangkal tidak mampu menampung debit air yang besar dan akhirnya banjir.” Jelas Abbas Aktifis Muda NU

Ia berharap agar pemerintah kabupaten maupun pemerintah kecamatan dapat memberikan solusi, mengingat setiap hujan pasti wilayah dibantaran kali di wilayah tambakromo ini terendam banjir terus menerus.

Berita Terkait

Baca Juga