Bupati Lutra Resmikan Pemanfaatan Kapal Pera Hibah Kemenhub

INFODESA122 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara(Lutra) meresmikan pemanfaatan transportasi laut menggunakan Kapal Pelayaran Rakyat (Pera) bantuan hibah dari Kementerian Perhubungan RI, Kamis(26/12).

Sementara peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Luwu Utara, Hj.Indah Putri Indriani, dan peresmiannya Bupati sempat menakhodai kapal rakyat(Pera) dengan penumpang 30-an Kepala Perangkat Daerah.

Dalam kesempatan itu, Indah Putri Indriani mengatakan, peresmian angkutan laut kapal Pera itu untuk bantuan kepada masyarakat, khusus yang warga berada di pesisir, dan rencana akan berangkat dari pelabuhan Munte – Malangke – Palopo, serta Munte – Malangke -Tobaku Kolaka Utara,”jelas Indah.

“Inilah gunanya pemerintah pusat memberikan bantuan. Karena kapal ini bukan untuk siapa-siapa, tetapi untuk transportasi masyarakat. Misalnya nanti ada masyarakat yang mau ke Kota Palopo atau ke Tobaku Kolaka Utara atau sebaliknya bisa naik Kapal Rakyat ini, ”jelas Bupati.

Indah juga menambahkan, operasional Pera tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab Dinas Perhubungan Kabupaten Lutra.

Sementara itu, Abd Hakim Bukara Kepala Dinas Perhubungan Lutra, sangat mengapresiasi langkah Bupati Indah, atas komitmen Bupati dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Bumi Lamaranginang julukan Kabupaten Luwu Utara.

Menurut Hakim Bukara, pelayaran yang diresmikan hari ini merupakan bagian dari pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat.
“Kalau bicara soal pelayanan itu banyak aspeknya, baik jasa barang dan jasa juga administrasi. Nah ini salah satu bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dalam kemudahan akses masyarakat, tuturnya.

Hakim Bukara menjelaskan, hibah kapal Pera itu diberikan kepada pemerintah daerah terpilih yang memerlukan akses konektivitas dan untuk menunjang sektor parawisata serta perdagangan di daerah.

Kapal Pera itu kata dia, diberikan Kemenhub sesuai dengan program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Direktorat Lalu Lintas Angkatan Laut kepada pemerintah daerah yang membutuhkan konektivitas dan untuk menunjang sektor parwisata dan perdagangan.

Sekadar info bahwa Bupati juga menyerahkan Kartu Kepesertaan Program JKK dan JKM bagi ABK, dan hadir pada peresmiaan pemanfaatan Kapal Rakyat, yakni Kepala Dinas Perikanan, Muharwan, Kadis Tenaga Kerja dan Transmigrasi Agussalim Lambong, Perwakilan Syahbandar Malili Komandan Pos TNI Angkatan Laut Munte Sulhaj, Camat Tana Lili Isa Anshari, serta Perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan.(yustus)

Berita Terkait

Baca Juga