DKK Blora Dalam Talk Show Gebyar Ramadhan Mengajak Masyarakat Hidup Sehat 

INFODESA, KESEHATAN65 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Talk show Gebyar Ramadhan Blora kali ini dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dengan mengambil tema kenali Faktor Resiko Untuk Penyakit Tidak Menular yang digelar di Alun-alun Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edy Widayat menyampaikan, kita mengisi Talk Show dalam rangka Gebyar Ramadhan Dinas kesehatan Kabupaten Blora dengan mengambil tema “Kenali faktor risiko penyakit tidak menular” dan tentunya kita pakai melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Faktor-faktornya seperti apa yang disampaikan dalam narasumber tadi misalnya, kita harus tetap berolahraga secara rutin makan makanan yang sehat buah dan sayur cek kesehatan secara berkala,” ujar Kepala DKK Blora kepada awak media usai Talk Show, Senin (1/4/2024).

Edi Hidayat melanjutkan, yang perlu di lakukan cek kesehatan secara berkala ada seperti gula darah, kolesterol, asam urat karena presentase saat ini belum lihat secara pasti yang jelas lebih tinggi daripada penyakit yang menular.

“Untuk menekan presentase masyarakat harus mengecek dirinya sendiri dengan cerdik dengan gerakan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Lanjutnya, penyakit tidak menular cukup tinggi juga, seperti penyakit jantung, gula dan penyakit hipertensi tidak menular cukup tinggi juga. Justru saat ini lebih tinggi penyakit tidak menular 70% sekitar angka kematian didomisili penyakit tidak menular.

“Harapan saya jaga kesehatan anda yang bisa menjaga kesehatan anda adalah diri Anda sendiri, ayo kenali dengan pola menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat,” pintanya.

Disinggung terkait lokasi arus mudik lebaran Dinas Kesehatan Kabupaten Blora menyampaikan untuk cek kesehatan akan menempatkan di empat sampai lima titik lokasi, diantaranya jalur barat ada di Gagakan Kunduran, di Wulung lalu di Ketapang, untuk wilayah utara di Sendangharjo dan di Pusat kota

“Untuk pemudik selalu hati-hati dalam melakukan mudik, keluarga menanti di rumah kalau ada sesuatu badan tidak enak silahkan mampir di pos-pos yang sudah di sediakan dan terdekat,” pungkasnya.**Sm/Red