HUT PWI ke-78 dan HPN 2024 , PWI Blora Hijaukan Kawasan Wisata Bukit Kunci

INFODESA, PARIWISATA54 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Puncak acara Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dan Hari Ulang Hahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-78, PWI Kabupaten Blora menggelar kegiatan penghijauan di kawasan wisata Bukit Kunci yang di Desa Bangowan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jum’at (08/03/2024).

Ketua PWI Blora, Heri Purnomo mengatakan, kegiatan penanaman pohon di kawasan wisata Bukit Kunci ini merupakan salah satu fungsi dari pers dalam memberikan edukasi dan informasi ke masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

“Dalam rangka memperingati HPN 2024 dan HUT PWI ke-78, rekan-rekan wartawan yang tergabung dalam PWI Blora konsisten melestarikan alam dengan menanam pohon,” ujar Heri.

Diadakan penanaman di kawasan wisata Bukit Kunci ini, terang Heri, agar dapat bermanfaat, khususnya dalam meningkatkan kunjungan wisata di Bukit Kunci.

Lebih lanjut, Heri menyebut penanaman yang dilakukan mungkin dianggap hal kecil. Namun, bagi PWI Blora diharapkan ke depan pohon yang ditanam itu akan tumbuh dan berkembang.

Heri menjelaskan manfaat penanaman pohon yang bisa menjadi pelindung serta menahan air agar kebutuhan air baku di Kabupaten Blora ini semakin banyak.

Heri, sapaan akrabnya yang juga wartawan MNC Grup ini menjelaskan, kegiatan tersebut sudah berjalan setiap tahunnya yang berkolaborasi dengan berbagai steakholder.

“Menanam ini merupakan kegiatan PWI yang ke delapan. Setiap kegiatan kami selalu berkolaborasi dengan pihak-pihak dan para pemangku kepentingan di Kabupaten Blora. Utamanya yang mempunyai misi dan visi yang sama dengan PWI Blora yakni tentang pelestarian alam,” jelas Heri.

Heri juga mengucapkan terimakasih kepada berbagai pihak yang telah mensupot kegiatan PWI Blora menanam. Diantara. Pemerintah Kabupaten Blora, Pertamina, Exxon Mobil, SKK Migas, Semen Gresik, Pertamina Energi Hulu, Pertamina EP Cepu, Pertamina EP, Badan Kerjasama PI Blok Cepu, HIPMI Blora serta Paguyuban Praja Kecamatan Ngawen dan Kunduran.

Selain itu, Hiswana Migas, PT. GMM, Bank Jateng, BPR Blora Artha, PT. Blora Patragas Hulu (BPH), PT. Blora Patra Energi (BPE), FIF Grup, PDAM Tirta Amerta, PPMSTL, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Jawa Tengah Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I, Perhutani KPH Blora Raya diantaranya KPH Blora, KPH Cepu, KPH Randublatung, KPH Mantingan dan KPH Kebonharjo.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman mengapresiasi apa yang dilakukan para anggota PWI Blora, dalam kegiatan peringatan HPN 2024 yang telah memberikan kontribusi yang positif dan bagi Kabupaten Blora.

Utamanya, kegiatan sebagai upaya dalam menjaga kelestarian alam dari kerusakan dan permasalahan lingkungan, khususnya di Kabupaten Blora.

“Kami atas nama Pemkab Blora sangat mengapresiasi langkah PWI Blora yang menggelar aksi tanam pohon ini. Adanya kegiatan penanaman ini, berarti PWI Blora membantu program penghijauan untuk Blora,” kata Gus Arief, sapaan akrab Bupati Blora.

Adanya aksi PWI Blora menanam ini, bisa meningkatkan komitmen bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan. Karena, dengan pelestarian alam akan menumbuhkan rasa cinta kita kepada lingkungan. Dikesempatan yang sama, Gus Arief juga mengucapkan selamat dan sukses pelaksanaan HPN serta HUT ke-78 PWI.

Momentum HPN dan HUT PWI ini diharapkan mampu menjadikan penguatan insan pers untuk semakin berkualitas, semakin profesional dan bisa berkontribusi dalam pembangunan.

“Melalui HPN tahun 2023 diharapkan pers bisa menjalankan tugas dan fungsi sesuai dengan fitrahnya yaitu memberikan pendidikan, informasi, hiburan dan sebagai kontrol sosial di masyarakat,” harap Gus Arief.

Gus Arief juga meminta pers dapat menjadi agent of change atau agen perubahan yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik, melalui informasi dan edukasi dalam pemberitaan yang disampaikan. Menjernihkan yang keruh serta meluruskan yang bengkok.

Berita Terkait

Baca Juga