Kyai Hanif Muslih : Guru harus Menjaga Teguh Ajaran Aswaja

NASIONAL, PENDIDIKAN68 Dilihat

Demak, Infodesanews.com – Rasulullah Muhammad SAW selalu menjadikan musyawarah sebagai awal dari setiap proses pengambilan keputusan. Beliau tidak pernah malu meminta nasihat atau saran kepada sahabatnya tentang suatu masalah. Bahkan, musyawarah merupakan salah satu kunci sukses kepemimpinan beliau.

Demikianlah salah satu arahan dari Pembina Yayasan Pondok Pesantren Futuhiyyah Mranggen demak, KH. Muhammad Hanif Muslih, Lc dalam pelantikan kepala madrasah/sekolah baru di lingkungan Yayasan PP. Futuhiyyah.

“ Karena keputusan yang merupakan hasil musyawarah akan memberikan keuntungan bagi banyak pihak dalam memajukan madrasah/sekolah yang dipimpinnya,” terangnya.

Bertempat di aula yayasan, pelantikan berlangsung dengan sederhana dan khidmat dihadiri oleh pengurus yayasan dan seluruh civitas akademika MA Futuhiyyah 2, SMK Futuhiyyah dan MTs Futuhiyyah 2, pada Rabu (27/12). Dalam pelantikan ini mengangkat KH. Helmi Wafa, SE, M.Pd sebagai kepala SMK Futuhiyyah, KH. Ahmad Faizurrahman, L.c sebagai kepala MA Futuhiyyah 2 dan KH. M. Husni Farouq, S.Pd.I sebagai Kepala MTs Futuhiyyah 2.

Lebih lanjut, beliau mengharapkan agar semua guru dibawah naungan Yayasan PP. Futuhiyyah agar meneladani sikap dan akhlak sesepuh dan pendiri PP. Futuhiyyah Mranggen Demak, Simbah KH. Muslih Abdurrahman yang selalu bersemangat dalam mengajar anak didik karena mengajar mata pelajaran apapun semua ada pahalanya, sebab semua konsep ilmu pengetahuan pada dasarnya ada didalam al-Qur’an. Juga meningkatkan ghirroh (semangat) menambah pengetahuan seluas-luasnya.

“ Mbah Muslih itu kitabnya hanya satu lemari saja, tetapi cakupan ilmunya luar biasa luasnya,” imbuhnya.

Terakhir beliau mengharap kepada guru agar juga menjaga akhlak dalam perkataan dan perbuatannya, terutama dalam berbusana, diantaranya selalu menutup kepala/berpeci dalam lingkungan madrasah/sekolah karena sikap dan tingkah laku guru akan ditiru oleh murid-muridnya. Juga bersyukur atas perhatian pemerintah dalam hal kesejahteraan kepada guru selama ini. Diharapkan guru juga selalu menjaga teguh ajaran ahlusunnah wal jama’ah, jangan sampai mengikuti ajaran diluar itu.

Kepala Madrasah/sekolah baru dilantik oleh ketua Yayasan PP. Futuhiyyah Mranggen Demak, KH. Ahmad Said Lafif Hakim, S,Ag, MH yang berlangsung pukul 09:00 WIB. Diawali dengan pembacaaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pengambilan ikrar jabatan dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.
Seusai acara pelantikkan, dalam sambutannya, KH. Ahmad Said Lafif Hakim menucapkan selamat atas dilantiknya kepala madrasah/sekolah yang baru dan meminta kepada kepala Madrasah/sekolah yang telah dilantik untuk melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab sehingga memberikan kontribusi positif pada peningkatan kuantititas dan kualitas SDM pada Madrasah serta peningkatan kualitas anak didiknya.

“Tugas kepala madrasah/sekolah itu sangat berat. Dan saya berharap bapak-bapak yang baru dilantik menjadi kepala Madrasah/sekolah untuk dapat menjaga kekompakan dan bekerja sama dengan baik antar lembaga dalam menangani anak didiknya,” jelasnya.
(Ben Zabidy/yono)