Puluhan Pendamping PKH Zona Dua Kabupaten Lampung Selatan Ikuti Coaching e-PKH

INFODESA147 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Sebanyak 72 pendamping dari Enam Kecamatan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti coaching e-PKH, yang dipusatkan di Aula Balai Desa Sidowaluyo Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan. Jum,at (4/10/2019)

Acara yang diikuti oleh 72 pendamping PKH dari enam Kecamatan diantaranya Kecamatan Sidomulyo, Candipuro, Way Panji, Katibung, Waysulan dan Kecamatan Merbau Mataram,

Turut hadir Koordinator PKH Kabupaten Lampung Selatan, Ahmad Salasi. SE, Camat Sidomulyo, Rendy Eko Supriyanto, Kepala Desa Sidowaluyo, Haroni,dan para pendamping dari enam Kecamatan,

Koordinator PKH wilayah Dua Kabupaten Lampung Selatan. Ahmad Salisi. SE, mengatakan, coaching e-PKH merupakan upaya agar pendamping PKH memahami teknis pendataan KPM PKH secara online.

“Mulai tahun 2019 pemutahiran data KPM PKH dilakukan secara mandiri oleh pendamping secara online melalui e-PKH,” dia,

Ahmad menambahkan, sebelumnya pemutakhiran data KPM PKH dilakukan secara manual dengan cara mengisi formulir pemutakhiran data lalu diserahkan ke oprator dan kemudian di entri.

“Pemutakhiran data secara manual sudah tidak berlaku, kalau secara online akan mempermudah kerja pendamping,” tambahnya.

Pemutakhiran data secara online juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama ada sarana dan fasilitas IT.

“Pendataan dan update data KPM PKH melalui aplikasi e-PKH akan meminimalisir kesalahan data dan waktu pun akan efektif,” ucapnya.

Input data KPM PKH sebelumnya harus nunggu dulu jadwal masuk oprator dan ngantri, sekarang bisa dirumah dan tempat lain selama ada signal.

“Melalui pematangan pelatihan e-PKH ini kami harap pendamping lebih memahami secara detail aplikasi yang tersedia,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa setempat, Haroni berharap dengan adanya kegiatan ini diharapkan para pendamping PKH terus melakukan pendampingan secara profesional,
“Ya mudah-mudahan kedepanya ada perubahan dalam pendataan dan tidak ada lagi salah sasaran bagi KPM.” pungkas Roni sapaan akrabnya. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga