Unit K9 Satuan Sabhara Polres Blora Terus Ditingngkatkan kemampuannya

INFODESA85 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Satuan Sabhara Polres Blora, Polda Jateng terlihat tengah melaksanakan latihan rutin mengasah keterampilan atau kemampuan Unit Satwa ( K9) Andalan Polres Blora, Kamis (19/10/2017) pagi.

Ciko dan Bagong Dua ekor satwa anjing , sebelum melakukan latihan terlebih dahulu dibersihkan kandangnya. Anjing unit K9 yang dimiliki Polres Blora memiliki spesifikasi kemampuan sebagai pelacak Narkotika, bahan peledak dan Pelacak Umum.

Pelatihan rutin ini bertujuan supaya Satwa anjing Unit Satwa (k9) Polres Blora lebih mahir dan siap siaga jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Selain itu untuk melatih kemampuan indra penciuaman dan pelacakan supaya tetap terjaga baik dalam membantu tugas Kepolisian.

“Ibarat pisau apabila tidak dipakai dan diasah, maka akan tumpul bila digunakan,” kata kanit Satwa K9 Bripka Joko disela-sela latihan.

Sebagai seorang pawang, beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya memandikan anjing tiga kali dalam seminggu, menjaga kesehatan dengan rutin dilakukan pemeriksaan ke Dokter Hewan, menjaga kebersihan kandang serta memotong bulu dan kuku.

Kepala Unit Satwa K-9 Bripka Joko yang dulu mantan anggota pawing K9 Brimob Mabes Polri, punya cara jitu untuk memulihkan stamina pasukan satwanya. “Saya beri susu putih hangat dicampur telur dan madu, selain multivitamin kapsul,” ucapnya.

Pemberian asupan makanan itu, ujar dia, cukup ampuh membuat stamina anjing K-9 terjaga. Sebab, semua kandungan vitamin dan protein ada pada susu, telur dan madu.

Kasat Shabara Polres Blora AKP Siswanto menambahkan hingga saat ini pihaknya terus meningkatkan kemampuan Anjing pelacak tersebut, dimana setiap hari berlatih bersama yang mana dapat diperbantukan sewaktu-waktu dalam pengamanan tugas teknis Kepolisian termasuk kesiapan back up pengamanan Jelang Pilkada tahun 2018 dan Operasi Lilin 2017 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2018.

“Satwa tersebut bersama anggota kami terjunkan dalam sterilisasi gereja-gereja dan tempat ibadah perayanan Natal termasuk melaksanakan patroli di sejumlah objek vital, dan pemusatan massa dalam perayaan tahun baru nanti,” ungkap AKP Siswanto.

Menurut AKP Siswanto, keberadaan Unit Satwa K-9 sangat membantu tugas Polri  karena dari kepintaran dan ketangkasannya Anjing-angjing tersebut kerap digunakan untuk mengungkap kasus maupun pelacakan benda berbahaya atau zat adiktif yang terkadang disembunyikan rapi oleh para pelaku kriminalitas.

“Dengan adanya pelatihan ini, tak hanya kemampuan sang anjing yang meningkat tetapi pawangnya juga akan semakin mahir dan selalu siap saat dibutuhkan,” tutup Kasat Sabhara.( Ar/IKS).