Takut Kesehatan Kulit Terganggu?, Inilah Beberapa Makanan Yang Perlu Dihindari 

KESEHATAN333 Dilihat

JAKARTA – Dokter Spesialis Dermatology – Venerologi, dr Matahari Arsy H Permata SpDVE, menyebut jika makanan berpengaruh pada kesehatan kulit.

“Banyak juga beberapa makanan yang memang bisa memicu beberapa penyakit tertentu, misalnya pasien dengan soriasis bisa dipicu karena mengonsumsi umbi-umbian,” ungkapnya pada media briefing virtual Bumed, Sabtu (17/12/2022).

Ia menjelaskan ada pasien yang kerap mengonsumsi alkohol dan rokok mengakibatkan mengalami dermatitis seboroik yakni kondisi kulit yang menyebabkan bercak bersisik dan kulit merah, terutama pada kulit kepala.

Kondisi ini juga dapat terjadi pada area yang berminyak di tubuh, seperti wajah, dada bagian atas, dan punggung.

“Tentu saja pasien-pasien yang mengonsumsi alkohol atau rokok, itu pada pasien dermatits seboroik itu dia bisa mencetuskan karena memengaruhi ke cardiovascular,” paparnya lagi.

Oleh karena itu kata dr Matahari penting untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Gizi dan nutrisi sangat baik untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku. Kebutuhan zat di dalam tubuh juga dapat dipenuhi dari protein, mineral dan juga lemak tapi dengan porsi secukupnya.

“Asalkan proporsinya tepat dan jumlah nutrisi sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, maka itu oke,” papar dr Matahari.

Bahkan bisa saja sumber protein berasal dari hewani atau non hewani, yang penting porsi seimbang dan cukup.

Berita Terkait

Baca Juga